Kamis, 27 Januari 2011

Behind The Word ‘Subhanallah

27 May 2010 — Dany Haryanto

Subhanallah berarti Maha Suci Allah wikipedia. Penjelasan panjang lebarnya bisa dilihat cerita dibawah ini nih :



Seorang bertanya kepada Umar bin Khatab, “Apa tafsir kalimat subhanallah?” Umar mengatakan, “Di kebun ini terdapat seorang lelaki yang jika kamu bertanya, niscaya akan dijawabnya; dan ketika kamu diam, dia akan mulai berbicara.” Orang itu pergi ke kebun dan menjumpai Imam Ali sedang sibuk berkerja. Dia lalu mendekati Imam Ali dan bertanya,” Apakah makna subhanallah?”

Imam Ali berkata,”Subhanallah artinya mengagungkan kedudukan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Mulia serta menyucikan zat-Nya dari sifat-sifat makhluk yang diyakini orang-orang musyrik. Ketika seorang hamba mengucapkan kalimat ini, seluruh malaikat mendoakan keselamatan baginya."


There is somebody tell a smart qustion to me : Kalo arti Subhanallah adalah ‘Maha Suci Allah’, berarti terkesan kayak Allah itu tidak suci donk?? Dia pun melanjutkan, sebenarnya yang kotor dan yang perlu mensucikan diri itu adalah para manusia terhadap sifat zat-Nya Allah SWT. Mungkin manusia pernah berpikir mengapa Allah tidak adil terhadap dirinya, mengapa Allah SWT melimpahkan rezeki yang cukup kepada orang lain sedangkan dirinya tidak, mengapa dirinya selalu ditimpa cobaan dan rintangan sedangkan manusia yang lain tidak, mengapa..mengapa..mengapa…bla..bla..bla. Kemudian dia pun mulai menyalahkan Allah SWT atas hal yang menimpa dirinya. Dari contoh kasus inilah, mengapa manusia perlu mensucikan dirinya sendiri terhadap pemikirannya yang salah/negatif kepada Allah SWT. Mungkin karena itulah Imam Ali menyebutkan arti Subhanallah “…serta menyucikan zat-Nya dari sifat-sifat makhluk yang diyakini orang-orang musyrik”.

0 comments:

Posting Komentar

Updates Via E-Mail

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Semoga semua ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Bermanfaat untuk Dunia dan Akhirat..

Jika ada saran dan masukannya atau ada yang ingin pembaca koreksi harap di kirim melalui page facebook kami

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kami di blog ini..

terimakasih