Minggu, 30 Januari 2011

Belajar Sholat Khusuk - MAKNA ALLAHU AKBAR

Tahukah anda apa arti kata Allahu Akbar?

Anda menjawab, "Allah Maha Besar"
Ya anda benar tapi taukah anda apa arti atau makna dari Allahu Akbar?
Allahu Akbar adalah 2 kata yg memiliki makna tinggi sekali. Seandainya anda tau apa maknanya niscaya anda tidak akan berani melakukan sholat sementara hati anda sedang berada di tempat yg lain. Dalam sholat Allahu Akbar selalu menjadi permulaan sholat dan dalam pergantian gerakan kecuali rukuk, Allahu Akbar selalu diucapkan.
Mari kita coba ulas makna kata dari Allahu Akbar. Di sini saya tidak menerangkan mengenai asal kata dari pembentukan kata Allahu Akbar. Jika anda ingin tau silahkan baca buku2 Quraish Shihab karena beliau yg lebih memiliki kapasitas untuk menerangkan hal tersebut. Namun demikian saya mencoba mencari makna dari Allahu Akbar berdasarkan pengetahuan hati. Mengapa? karena apa yg dikatakan oleh hati tidak ada yg dusta.


Jika kita mengucapkan Allahu Akbar berarti kita telah percaya dan yakin bahwa Allah itu Maha Besar. Apa makna dari Maha Besar? Di sinilah kuncinya! Allahu Maha Besar berarti tak ada yg lebih besar dan lebih penting dari Allah. Saat kita mengucapkan Allahu Akbar berarti tak ada yg lebih besar dan lebih penting di hati dan pikiran kita selain Allah SWT. Seandainya Anda mengucap Allahu Akbar dalam sholat tapi hati dan pikiran memikirkan hal lain berati anda telah melakukan dusta terhadap Allah. Hati anda tidak membenarkan bahwa Allah memang Maha Besar. Untuk itulah mengapa dikatakan sholat tanpa kesadaran hanya akan menuai dosa. Tapi lantas jangan disalahartikan walau bagaimanapun sholat tanpa kesadaran jauh lebih mulia dari pada orang yg tidak sholat. Mengapa? Orang yg sholat meski tanpa kesadaran berarti dia telah berusaha meski mungkin belum memenuhi standar sholat. Akan tetapi orang yg tidak sholat adalah orang yg tidak mau berusaha dan biasanya orang seperti ini jika ditanya akan menghindar dan berkata, "Nanti...!"
Baiklah kita kembali kepada pokok bahasan yakni mengenai hubungan Allahu Akbar dengan sholat yg khusuk. Setelah kita berniat untuk sholat, maka langkah selanjutnya adalah menghadirkan makna kata Allahu Akbar itu dalam hati dan pikiran kita. Ingat tak ada yg lebih besar dari pada Allah. Berarti kini di pikiran dan hati kini tak ada yg dinamakan pekerjaan, urusan bisnis, bos di kantor, target penjualan, pacar, istri, soal2 ulangan, guru/dosen killer, anak, orang tua, sahabat, tontonan TV, game, acara favorit di radio, komputer yg sedang blank, hp yg sedang berdering atau tugas2 lain yg sedang menunggu kita setelah kita selesai melakukan aktivitas sholat itu nantinya. Jika anda mengucapkan Allahu Akbar tapi hati dan pikiran anda tak di tempat, maka anda telah melakukan dosa besar. Anda telah bermain2 dg Sang Maha Besar. Anda telah "menempatkan" Dia di bawah benda2/ urusan2 keduniawiaan. Artinya anda telah mengingkari makna kata Allahu Akbar itu sendiri.
OK saat kita mengucapkan Allahu Akbar berarti hanya Allah yg harus ada dan satu2nya yg boleh ada di hati dan pikiran kita. Dan perasaan dari makna kata Allahu Akbar itu mulai mengalir ke setiap sel dalam tubuh kita. Nah saat inilah yg menentukan sholat kita akan bisa khusuk ato tidak nantinya. Untuk itu usahakanlah makna kata Allahu Akbar itu tetap terjaga hinggar akhir sholat. Karena sesungguhnya Allahu Akbar itu selalu mengingatkan kita bahwa hanya Allah saja yg boleh hadir di hati dan pikiran kita ketika nafsu keduniawian mulai muncul kembali

0 comments:

Poskan Komentar

Updates Via E-Mail

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Semoga semua ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Bermanfaat untuk Dunia dan Akhirat..

Jika ada saran dan masukannya atau ada yang ingin pembaca koreksi harap di kirim melalui page facebook kami

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kami di blog ini..

terimakasih