Kamis, 24 Februari 2011

Arti dan Keutamaan dibalik Surah Al-Falaq dan An-Nas (Al-Mu’awwidhatayn)

Surah Al-Falaq

Al-Falaq.png
Artinya :
1. Katakanlah : “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh”
2. Dari kejahatan makhlukNya
3. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita
4. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul
5. Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dengki.
Dalam surah ini terlihat jelas tafsir yang diutarakan berisikan perintah Allah SWT kepada NabiNya termasuk juga kaum muslimin supaya selalu berlindung kepada tuhan pencipta semua makhluk agar terpelihara dari segala macam kejahatan.

Surah An-Nas

An-Nas.png
Artinya:
  1. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia.
  2. Raja manusia (Malikinnaas).
  3. Sembahan manusia (Illahinnas).
  4. dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi.
  5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia.
  6. dari (golongan) jin dan manusia

Keutamaan Surah Al-Falaq

Aisyah menerangkan: bahwa Rasulullah SAW pada setiap malam apabila hendak tidur, Beliau membaca Surat Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas, ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian disapukan ke seluruh tubuh dan kepala.
Sayyidiah’ Ali r.a. menerangkan: pernah Rasulullah s.a.w. digigit kala, kemudian Beliau mengambil air garam. Dibacakan Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas laludisapukan pada anggota badan yang digigit kala tadi.
‘Uqbah bin’ Amir menerangkan, ketika saya sesat jalan dalam suatu perjalanan bersama dengan Rasulullah s.a.w., Beliau membaca Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas dan akupun disuruh Beliau juga untuk membacanya.
Barang siapa terkena penyakit karena perbuatan syaitan atau manusia, hendaklah membaca Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas sebanyak 41 kali selama 3 hari, 5 hari atau 7 hari berturuh-turut.
Barang siapa yang takut akan godaan syaitan atau manusia atau takut dalam kegelapan malam, atau takut kejahatan manusia, bacalah Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas sebanyak 100 kali.

Hubungan Surat Al Falaq dengan Surat An Naas

  1. Kedua-duanya sama-sama mengajarkan kepada manusia, hanya kepada Allah menyerahkan perlindungan diri dari segala kejahatan.
  2. Surat Al Falaq memerintahkan untuk memohon perlindungan dari segala bentuk kejahatan, sedang Surat An Naas memerintahkan untuk memohon perlindungan dari jin dan manusia.
Barakkalahumma fiik..

0 comments:

Poskan Komentar

Updates Via E-Mail

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Semoga semua ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Bermanfaat untuk Dunia dan Akhirat..

Jika ada saran dan masukannya atau ada yang ingin pembaca koreksi harap di kirim melalui page facebook kami

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kami di blog ini..

terimakasih