Selasa, 24 Mei 2011

Inilah Dunia (2)

Dalam suatu masalah hendaklah kita bersabar menunggu jalan keluar. Dalam salah satu buku yang telah saya baca menyebutkan tahapan-tahapannya :
Pasrah – Ikhtiar – Pasrah

Pasrah yang pertama kali adalah do’a. Kita dianjurkan untuk selalu berdo’a dalam keadaan sudah maupun lapang. Berdo’alah untuk meminta bantuan-Nya, berdo’alah untuk meminta jalan keluar dari masalah tersebut dan berdo’alah karena Dia Maha Mengabulkan permintaan.

Selanjutnya adalah ikhtiar, kita dianjurkan untuk ikhtiar yang diikuti oleh tawakkal. Jangan ketika kita berusaha atau berikhtiar tidak diikuti oleh tawakkal atau sebaliknya, karena semua perkala kembali kepada Allah swt.

5.  Kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi. dan kepada Allah-lah dikembalikan segala urusan.
( Al-Hadid : 5 )

Dialah yang memberikan itu semua. Dan Dia tahu yang terbaik untuk kita..
Pasrah yang terakhir adalah bertawakkal. Yaitu melepaskan segala yang kita usahakan kepada Allah swt. Dan bersabar menungga jalan keluar dari segala masalah itu.

Semua yang baik untuk kita hanya Allah swt. yang tahu. Dialah Yang Maha Tahu. Termasuk cobaan atau ujian yang Dia berikan untuk kita. Bisa saja cobaan itu akan mendekatkan kita kepada Allah swt. dalam bentuk peringatan atau cobaan itu akan menghapuskan dosa-dosa kita yang terdahulu. Yang pastinya cobaan yang diberikan Allah itu untuk mengukur kadar keimanan di dalam diri kita. Jika kita tahu hal itu, hati inipun akan tenang. Karena kita telah tahu yang memberi itu  semua, adalah Allah swt.

Tanggapi semua cobaan dengan penuh keikhlasan, jangan pernah mengeluh dan jangan pernah berandai-andai. Jangan pernah putus asa karena Rahmat Allah sangatlah luas.

Inilah perpisahan, tiada pertemuan tanpa perpisahan. Memang menyedihkan tetapi harus terjadi. Ku katakan “Mari menaiki tangga kehidupan ke jenjang yang lebih tinggi” kepada kalian teman-temanku. Ku katakan “Terimakasih, hanya ini kata yang sanggup saya katakana” kepada guru-guruku yang ku cintai. Ku katakan “Ketentuan-Mu telah Engkau kehendaki” kepada Allah swt. Sang Pengatur.


Tak perlu tetesan air mata yang menghiasi suatu perpisahan, tak perlu penyesalan pula yang menghiasi perpisahan ini. Semua yang terjadi adalah proses kehidupan. Kebahagiaan yang menyertai kita bersama tak akan terputus sampai sini. Masih banyak rintangan yang belum kita lalui kawan, masih banyak..!. Memang hati ini terasa begitu sedih, tapi tak perlu kita pendam perasaan tersebut sampai kita merasa sendirian, hampa dalam kesunyian.. Tak perlu..

0 comments:

Poskan Komentar

Updates Via E-Mail

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Semoga semua ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Bermanfaat untuk Dunia dan Akhirat..

Jika ada saran dan masukannya atau ada yang ingin pembaca koreksi harap di kirim melalui page facebook kami

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kami di blog ini..

terimakasih